I.
DESKRIPSI
Manajemen kelas merupakan aspek
pendidikan yang sering dijadikan perhatian utama oleh para calon guru, guru
baru, dan bahkan guru yang telah berpengalaman / sekalipun. Alasannya,
sederhana karena calon guru, guru baru, dan guru yang telah berpengalaman
berkeinginan agar para peserta didik dapat belajar dengan optimal. Dalam arti
guru mampu menyampaikan bahan pelajaran diserap oleh para peserta didik dengan
baik.
Penciptaan kelas yang nyaman merupakan
kajian dari manajemen kelas. Sebab manajemen kelas merupakan serangkaian
perilaku guru dalam uapayanya menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang
memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan baik
Di
kelas segala aspek pembelajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala
kemampuannya, murid dengan segala latar belakang dan potensinya, kurikulum
dengan segala komponennya, metode dengan segala pendekatannya, media dengan
segala perangkatnya, materi dengan segala sumber belajarnya bertemu dan
berinteraksi di dalam kelas. Lebih lanjut hasil pembelajaran ditentukan pula
oleh apa yang terjadi di kelas. Oleh karena itu, selayaknyalah kelas
dimanajemeni secara baik, profesional, terus-menerus dan berkelanjutan. Untuk
sampai pada tujuan yang dimaksud diperlukan pemahaman akan hal-hal
umum/prinsip-prinsip manajemen kelas terlebih dahulu sebelum sampai kepada
pemahaman yang lebih khusus. Bab ini adalah bab yang mengulas tentang konsep
dasar, prinsip-prinsip manajemen kelas yang bahasannya meliputi:; pengertian
manajemen kelas; tujuan, dan masalah manajemn kelas, ruang lingkup manajemen
kelas. Pemahaman akan konsep dasar manajemen kelas ini penting dikuasai sebelum
hal-hal khusus diketahui.
II.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
anda mempelajari materi pembelajaran
pada kegiatan I ini, anda dapat menjelaskan konsep dasar pengertian manajemen
kelas dan pengelompokan masalah manajemen kelas
III.
URAIAN
MATERI PEMBELAJARAN
KONSEP DASAR MANAJEMEN KELAS
A.
Pengertian Manajemen
1.
pengelolaan,
berarti proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran
atau manajemen sebagai alat atau cara yang mempunyai arti penggunaan manusia
contohnya, uang,bahan-bahan dan metode efektif untuk mencapai tujuan.Nashir (online).http//nashir6768multiply.com
2. Manajemen adalah suatu seni atau proses dalam
menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan.
3. Manajemen adalah sebuah proses
merencanakan, mengorganisir, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan untuk
mencapai tujuan.
4. Manajemen adalah suatu rangkaian atau
tindakan yang dimaksud untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan
berlangsungnya pembelajaran.
5. Manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, memimpin dan mengawasi pekerjaan anggota organisasi dan
menggunakan semua sumber daya organisasi yang tersedia untuk mencapai tujuan
organisasi yang dinyatakan dengan jelas. (Jhonson, Lois. V. & Marry A.
Bany.1970 Class room management
London : The MC Millan Company Collier Macmillan Limited)
6.
(Depdikbud,1989). Manajemen adalah suatu keadaan dari proses tang
ditunjukkan oleh garis yang mengarah kepada proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian yang mana keempat proses
tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan
organisasi.
7.
Definisi
manajemen yang dikemukakan oleh Daft
(2003:4) sebagai berikut :
"manajement
is the attaiment of organizational goals in an affective and efficient manner
through planning organizing leading and controlling organizational
resources". Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai arti bahwa
manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan
efesien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan
sumberdaya organisasi.
B.
Pengertian kelas
1.
Kelas dalam arti
umum menunjukkan kepada pengertian sekelompok siswa yang ada pada waktu yang
sama menerima pelajaran yang sama dan dari guru yang sama pula (Adnan
sulaeman,2009)
2.
Kelas adalah
suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang mendapat
pengajaran dari guru. (Hamalik,2006) Kelas adalah ruangan belajar atau
rombongan belajar (Ahmad ,1dalam ,Djamarah:1995). Menurut Hadrawi Nawawi memandang kelas dari dua sudut yaitu :
3.
Kelas dalam arti
sempit yaitu ruangan yang dibatasi empat dinding,tempat sejumlah siswa
berkumpul untuk mengikuti proses belajar mengajar.
4.
Kelas dalam arti tradisional, mengandung sifat
statis karena sekedar menunjuk pengelompokan siswa menurut tingkat perkembangan
antara lain didasarkan pada batas tradisional umur kronologis masing-masing
5.
Kelas dalam arti
luas merupakan bagian dari masyarakat kecil yang sebagian adalah suatu
masyarakat sekolah yang sebagian suatu kesatuan di organisasi menjadi unit
kerja secara dinamis mnyelenggarakan kegiatan-kegiatan
6.
Menurut
Hamalik dalam Djamarah (2006)online
kelas adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang
mendapat pengajaran dari guru.
7.
Menurut Ahmad
(dalam djamarah (1995), online)" kelas ialah ruangan belajar dan atau
rombongan belajar"
8.
Kelas dalam arti
sempit adalah, ruangan yang dibatasi oleh empat dinding, tempat sejmlah siswa
berkumpul untik mengikuti proses belajar mengajar. Kelas dalam pengertian
tradisional ini mengandung sifat statis karena sekedar menunjuk pengelompokan
siswa menurut tingkat perkembangan yang antara lain yang didasarkan pada dasar
umur kronologis masing-masing. Djamarah, (2006)
9.
Kelas dalam arti
luas adalah suatu masyarakat kecil yang merupakan bagian dari masyarakat
sekolah yang sebagai suatu kesatuan diorganisasi menjadi unit kerja yang secara
dinamis menyelenggarakan kegiatan-kegiatan belajar mengajar yang kreatif untuk
mencapai suatu tujuan Djamarah , (2006)
10.
Menurut Drs. Winarno
Hamiseno,(2009) kelas adalah ruangan yang digunakan untuk proses belajar
mengajar yang efektif dan menguntungkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai
kemampuan. Kelas merupakan taman belajar bagi siswa. Kelas adalah tempat
bagi para siswa untuk tumbuh dan berkembangnya potensi intelektual dan omosional. Mengingat kelas
hendaknya dimanajemen sedemikian rupa sehingga benar-benar merupakan belajar
yang nyaman dan menyenangkan. Sedangkan syarat-syarat kelas yang baik adalah:
a.
Rapi,bersih,sehat,
tidak lembab.
b.
Cukup cahaya
yang meneranginya
c.
Sirkulasi udara
cukup
d.
Perabot dalam
keadaan baik,cukup jumlah dan ditata dengan
rapi
e.
Jumlah siswa
tidak lebih dari 40 orang
C.
Pengertian
Manajemen Kelas
1.
Weber .W.A. (1988), mendefenisikan
manajemen kelas sebagai
ompleks
of teaching behavior of teacher efficient instruction”
yang mengandung pengertian bahwa segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan
suasana belajar yang efektif dan menyenangkan serta memotivasi murid agar dapat
belajar dengan baik. Eferstson dan Emmer mendeskripsikan manajemen sebagai “those
teacher behavior that produceshigh
levels of student infolfoment classroom activities and minimize student
behaviors that interfiris with dan
pencapaianthe teachers or other students work and efficient use of
instructional time (1998). Houston at al (1988), menegaskan bahwa “ Without effective mamanagement the learning
process student for interfering with instruction“, yang mengandung
pengertian bahwa tanpa manajemen yang efektif proses belajar mengajar menjadi
kacau sehingga guru akan menegur murid-muridnya yang menggagu proses belajar
mengajar.
2.
Manajemen kelas adalah merupakan
keterampilan yang harus dimiliki guru dalam memutuskan, memahami, mendiagnosis
dan kemampuan bertindak menuju perbaikan suasan kelas terhadap aspek-aspek yang
perlu diperhatikan dalam manajemen kelas adalah: sifat kelas, pendorong
kekuatan kelas, situasi kelas, tindakan seleksi dan kreatif Johson dan Bany, (1970).
3.
Manajemen
kelas merupakan serangkaian perilaku guru dalam upaya menciptakan dan
memelihara kondisi kelas yang memungkinkan peserta didik mencapai tujuan belajr
mencapai tujuan belajar secara efesien atau memungkinkan pesrta didik belajar
dengan baik. Adnan Sulaeman(2009)
4.
Manajemen kelas
adalah mengacu pada penciptaan suasana atau kondisi kelas yang memungkinkan
siswa dalam kelas tersebut dapat belajar dengan efektif Adnan sulaeman, (2009)
Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana
belajar mengajar yang efektif yang menyenangkan serta dapat memotivasi siswa
untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan. Ahmad Sulaiman, (1995)
5.
Mnajemen
kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap
problem dan situasi kelas. Made Didarta
dalam Jamrah, (2005)
6.
Manajemen kelas
adalah upaya mendaya gunakan potensi kelas Djamrah,(2005)
7.
Manajemen kelas
adalah suatu usaha yang dilakukan penanggung jawab kegiatan belajar mengajar
apa yang membantu dengan maksud agar dicapai kondisi yang optimal,sehingga
dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan .Arikunto, (2006)
8.
Manajemen kelas
merupakan keterampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran kondusif dan
mengendalikannya jika terjadi gangguan dalam pembelajaran (Muliyasa,2006)
D.
Pengertian
manajemen kelas
Berdasarkan pandangan
pendekatan operasional tertentu
(Disarikan dari Wiford A. Weber, 1986)
Manajemen kelas adalah seperangkat kegiatan
guru untuk menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui
penggunaan disiplin (pendekatan otoriter)
1.
Seperangkat kegiatan guru untuk
menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui intimidasi
(pendekatan intimidasi)
2.
Seperangkat kegiatan guru untuk
memaksimalkan kebebasan siswa (pendekatan permisif)
3.
Seperangkat kegiatan guru untuk
menciptakan suasana kelas dengan cara mengikuti petunjuk/ resep yang telah di
sajikan (pendekatan buku masak)
4.
Seperangkat kegiatan guru untuk
menciptakan suasana kelas yang efektif melalui perencanaan pembelajaran yang
bermutu dan dilaksanakan dengan baik (pendekatan instruksional)
5.
Seperangkat kegiatan guru untuk
mengembangkan tingkah laku peserta didik yang diinginkan dengan mengurangi
tingkah laku yang tidak diinginkan (pendekatan pengubahan tingkah laku)
6.
Seperangkat kegiatan guru untuk
mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio emosional kelas
yang positif (pendekatan penciptaan iklim sosioemosional)
7.
Seperangkat kegiatan guru untuk
menumbuhkan dan mempertahankan
organisasi kelas yang efektif (pendekatan sistem social) Suharsini Arikunto,
(2004)
8.
Menurut Suharsimi Arikunto (2004)
juga berpendapat bahwa manajemen kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh
penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau membantu dengan maksud agar
dicapai kondisi yang optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti
yang diharapkan.
E. Tujuan Manajemen Kelas
Tujuan
manajemen Kelas pada hakekatnya sudah terkandung pada tujuan pendidikan
pendidikan secara umum. Menurut Sudirman (2000), tujuan manajemen kelas adalah penyediaan pasilitas bagi macam-macam
kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial,emosional, dan intelektual dalam
kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja,
terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan,suasana disiplin,
perkembangan intelektual,emosional,dan sikap serta apresiasi pada siswa.
Menurut Suharsimi Arikunto,(2004), berpendapat bahwa tujuan manajemen kelas adalah agar setiap anak di kelas dapat
bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secara efektif
dan efisien. Selanjutnya akan di uraikan secara rinci tentang tujuan Manajemen
Kelas
1.
Mewujudkan
situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai
kelompok belajar, yang memungkunkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan
semaksimal mungkin
2.
Menghilanhkan
berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajaran.
3.
Menyediakan dan
mengatur fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa
belajar sesuai dengan lingkungan siaoal, emosional dan intelek siswa dalam belajar.
4.
Membina
dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang social,ekonomi,budaya,serta
sifat-sifat individunya. Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen, (1996).
F.
Ruang Lingkup Manajemen Kelas
1.
Manajemen
kurikulum
Kurikulum
adalah suatu cakupan kerja yang dugunakan oleh seorang guru sebagai pedoman
yang akan dicapai didalam proses belajar mengajar. Jadi manajemen
kurikulumadalah sebuah perencanaan atau
pengarahan untuk menyelesaikan kurukulum tersebut.
2.
Manajemen
peserta didik
Peserta
didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri
melalui proses pembelajaran yang tersedia baik dari jalur jenjang dan jenis
pendidikan tertentu. Jadi, manajemen peserta didik adalah suatu proses kegiatan
yang rencanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinu
terhadap seluruh peserta didik (dalam lembaga pendidikan yang bersangkutan)
agar dapat mengikuti PBM dengan efektif dan efesien , UUSPN (2003 )
3.
Kegiatan akademik
dikategorikan sebagai kegiatan PBM (teaching), diantaranya membuat persiapan
sebelum mengajar, melaksanakan pengajaran yang telah dipersiapkan, damn menilai
sejauh mana pelajaran yang sudah disajikan itu berhasil dan dikuasai peserta
didik
4.
Kegiatan administratif
dikategorikan sebagai kiegiatan
"non teaching" sebagai kondisi-kondisi yang perlu diperhatikan guru
bagi kelancaran mengajarnya seperti kegiatan-kegiatan procedural, dan kegiatan
organisasional.
Manajemen
kelas memiliki ruang lingkup yang dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu :
5.
Fisik,
pengelolaan kelas yang memfokuskan pada hal-hal yang bersifat fisik mencakup
pengaturan siswa dalam belajar, ruang belajar, dan perabot kelas.
6.
Non fisik
pengelolaan kelas yang memfokuskan pada aspek interaksi siswa dengan siswa
lainnya, siswa dengan guru dan lingkungan kelas atau sekolahnya sebelum,
selama, dan setelah pembelajaran. Atas dasar ini aspek psikologis, social, dan
hubungan interpersonal perlu diperhatikan. Imam gunawan (2009), online
Oleh
Imam Gunawan, (2009) mengatakan bahwa ruang lingkup manajemen kelas
diklasifikasikan menjadi dua yaitu :
1. Fisik;
yaitu pengelolaan kelas yang difokuskan pada hal-hal yang bersifat fisik,
mencakup pengetahuan siswa dalam belajar, dan prabot kelas.
2. Non
Fisik; yaitu pengelolaan kelas yang memfokuskan pada interaksi siswa dengan
siswa yang lainnya, siswa dengan guru dan lingkungan kelas, atau sekolahnya
sebelum, selama dan setelah pembelajaran. Atas dasar ini aspek psikologis,
social, dan hubungan interpersonal perlu dipertahankan.
IV. RANGKUMAN
Manajemen
kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan situasi kelas yang
kondusif dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal
Tujuan
manajemen kelas adalah untukmenciptakan lingkungan belajar yang nyaman,
menyenangkan, sehingga pembelajaran dapat berjalan kkdengan tenang,
memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin
dan membentuk prilaku berbudaya dan berakhlak mulya
Masalah
yang sering timbul dalam aplikasi manajemen kelas adalah idual yang disebabkan
karena kelas yang kurang kohesif, karena perbedaan suku,jenis kelamin, adanya
penyimpangan tingkah laku, yang menjadi ruang lingkup manajemen kelas adalah
kegiatan akademik dan kegiatan administrasi, serta pembentukan perilaku yang
bermoral bagi peserta didik
V. LATIHAN
1.
Jelaskan dengan singkat pengertian
manajemen kelas menurut konsep lama dan modern
2.
Tuliskan empat tujuan manajemen kelas di
SD
3.
Jelaskan 4 macam pemicu yang menyebabkan
terjadinya masalah manajemen kelas
4. Tuliskan ruang
lingkup manajemen kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar